Residensi Sastra Pawitra Batch 1

Kanaka Media
0

Residensi Sastra Pawitra (RSP) Batch 1 yang digelar pada 16, 17, hingga 18 Februari 2024 di Dusun Genting, Desa Wotanmas Jedong, Ngoro, Mojokerto akhirnya usai sudah digelar. Berikut laporan dari Residensi Sastra Pawitra batch 1.



Hari pertama adalah pembukaan dan peserta berkumpul di Balai Dusun Genting pada Jumat, 16 Februari 2024 siang. RSP dibuka oleh Bapak Abdur Rohman selaku Kepala Dusun Genting.



Setelah pembukaan, peserta RSP diajak field trip ke Candi Jedong yang masih berada di Desa Wotanmas Jedong.  Peserta bisa menikmati keindahan Candi Jedong dan menggali ide-ide yang ada di sana.

Setelah dari Candi Jedong, peserta bergeser ke Goa Kuno yang tak jauh dari Candi Jedong. Kami berjalan bersama menuju Goa Kuno dan mendapatkan materi sejarah Candi, asal-usul Desa Wotanmas Jedong serta eksistensinya di peradaban nusantara.

Setelah itu ada materi-materi yang sambung menyemabung hingga Sabtu, 17 Februari 2024.

Pada Sabtu malam, di Astana Jabal Sirr ada terapi pijat gratis untuk masyarakat yang rutin dilaksanakan setiap Sabtu dan Rabu. Setelah mengikuti materi selama 2 hari, peserta bisa melihat proses pemberian terapi pijat gratis kepada masyarakat dan bisa menikmati pijatan dari para terapis.

Peserta juga bisa menggali sisi spiritual dan sosial di Astana Jabal Sirr, bisa melihat langsung kearifan lokal di sana dan menjadikannya ide dalam berkarya.



Pada puncak acara di hari Minggu, 18 Februari 2024, peserta mengikuti prosesi Unduh Tirta di Curah Sabrangan bersama seluruh warga. Peserta diajak langsung untuk mengikuti prosesi dan menyaksikannya dari jarak yang begitu dekat dan menikmati langsung kearifan lokal yang masih terjaga hingga kini.


Usai semua acara RSP, giliran jadwal peserta diminta untuk menulis semua yang telah dialami dan disaksikan selama mengikuti RSP dan disusun dalam sebuah buku.

Buat kamu yang tertarik untuk mengikuti RSP, bisa mendaftar di RSP batch 2 semester depan ya...



Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)